Holopis kuntul baris

Holopis kuntul baris

“ Holopis kuntul baris “ adalah sebuah ungkapan yang pernah dilontarkan sang Proklamator RI Bung Karno untuk menyemangati bangsa Indonesia agar bergotong royong. Maksud ungkapan itu sendiri adalah “ bekerjasama untuk menangani hal besar “, karena dengan cara begitu, masalah seberat apapun pasti bisa terselesaikan kalau dikerjakan bersama – sama... ( setujuuu kan? )

Ternyata kalimat ‘holopis kuntul baris’ ini berasal dari bahasa Belanda. Konon pada abad ke 16 atau 17, kapal milik VOC berlabuh di Tuban dan pada saat bongkar muatan, salah satu awak kapalnya berteriak “ HELP, IETS ONTILBAARS ” (Tolong, ada barang yang tidak terangkat!) , maka datanglah satu kapal lagi untuk membantu mengangkat barang yang terlupa tadi.
Orang Jawa yang terkenal kaku  lidahnya dan mendengar kalimat itu dan melihat kelakuan para ABK VOC ini menirukan kalimat tersebut menjadi ‘HOLOPIS KUNTUL BARIS’. Mau percaya atau tidak...terserah pada anda,hehe....

Diluar benar atau tidaknya asal muasal kalimat  “ Holopis kuntul baris ” tersebut, tapi itulah yang sedang di tunjukan oleh warga desa Kedungwuluh lor Kecamatan Patikraja “ bekerjasama untuk menangani hal besar “  pada kesempatan memperbaiki saluran air yang terkikis oleh derasnya hujan, karena lokasinya yang jauh dari jalan utama sehingga untuk membawa material berupa batu belah ke lokasi dibutuhkan kerjasama, alkhamdulillah dengan semangat kebersamaan proses pemindahan material itu tidak berlangsung lama, dan saat ini perbaikan saluran tersebut telah rampung. ( lkm )

Recent Works

Baksos Di Desa Kedungwuluh Lor

Setelah selesai mengikuti semua kegiatan penyuluhan, ada kejutan....Paket Sembako..."luar biasa!!!"

Silaturrahim Kepala Desa dan Perangkat Desa

Bagaimana mungkin hidup kita akan tenang kalau di dalam hati masih tersimpan kebencian dan rasa perm

Komentar

Pencarian

Fasilitas pencarian data.

Terbaru

Populer

Tags

Link

Counter

Hari ini 6   Pengunjung
Minggu ini 19   Pengunjung
Bulan ini 37   Pengunjung
Tahun ini 931   Pengunjung
TOTAL PENGUNJUNG 1702   Pengunjung
Post: Holopis kuntul baris 24052   Pembaca